Walikota Aminullah serahkan Yamaha NMAX untuk kendaraan dinas keuchik di Syiah Kuala

Banda Aceh  – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan kendaraan dinas roda dua kepada para keuchik (kepala desa) di Kecamatan Syiah Kuala, dengan tujuan agar mempermudah operasional dinas orang nomor satu di desa itu dalam melayani masyarakat.

“Alhamdulillah kita pada hari ini di Kecamatan Syiah Kuala sudah membagikan kendaraan roda dua kepada keuchik, kecuali Gampong Lamgugop karena sedang pemilihan keuchik, tahun depan dapat juga,” katanya, di Banda Aceh, Senin.

Ia menilai, pemberian kendaraan dinas kepada kepala desa sudah sepatutnya dilakukan. Mengingat penting unntuk memperlancar operasional kepala desa dalam meningkatkan kinerjanya, terutama sekali saat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Karena banyak tempat-tempat yang tidak terjangkau yang harus secepatnya didatangi keuchik. Dengan ada kendaraan ini bisa mempercepat kinerja keuchik di gampong,” kata Aminullah.

Selain itu, Aminullah menjelaskan, pemberian kendaraan dinas kepada kepala desa tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Mengingat salah satu tugas kepala desa yaitu mengutip pajak tersebut.

“Keuchik ini ditugaskan salah satunya adalah menagih PBB, jadi mereka mengantarkan sekaligus untuk mengumpulkan PBB tersebut. Disamping itu ini adalah bentuk apresiasi dan juga dukungan dari pada pemerintah dalam segala hal untuk memperlancar tugas-tugas perkantoran,” katanya.

Desa yang menerima kendaraan dinas roda dua jenis Yahama NMAX tersebut yakni Gampong Tibang, Gampong Pineung, Gampong Prada, Gampong Kopelma Darussalam, Gampong Alue Naga, Gampong Rukoh, Gampong Jeulingke, Gampong Deah Raya dan Gampong Ie Masen Kayee Adang.

“Di kecamatan lain belum. Ini sebenarnya terserah dari kecamatannya sendiri, jadi kita harapkan kecamanatan Syiah Kuala ini sebagai model. Kita sebagai walikota tidak keberatan ini diberikan kepada keuchik dalam rangka memaksimalkan tugas keuchik,” katanya

Sumber : Antara Aceh