Syiah Kuala Juara Lomba Cerdas Cermat KIG 2019

Banda Aceh – Kelompok Informasi Gampong (KIG) yang mewakili Kecamatan Syiah Kuala, berhasil menjuarai Lomba Cerdas Cermat antar KIG Se-Kota Banda Aceh, Kamis (3/10/2019).

Atas prestasi tersebut, KIG Syiah Kuala berhak atas piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta. Sementara Juara II dan III dengan hadiah Rp 2 juta dan Rp 1,5 juta, diraih oleh KIG Banda Raya dan KIG Kuta Alam.

Ajang yang digelar oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) itu berlangsung di Aula Gendung C Balai Kota Banda Aceh. Hadiah kepada para pemenang diserahkan oleh Kadiskominfotik Banda Aceh Bustami.

Dalam laporannya ia menyebut, KIG adalah kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“KIG ini sendiri sebenarnya merupakan nama lain yang secara nasional disebut Kelompok Informasi Masyarakat yang disingat dengan KIM,” sebutnya.

Adapun setiap KIG yang mengikuti lomba terdiri dari tiga orang yang merupakan perwakilan anggota KIG dari sembilan kecamatan se-Kota Banda Aceh. “Keseluruhan peserta lomba berjumlah 27 orang,” katanya.

Sebelumnya, acara dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin. Dalam sambutannya ia berharap melalui kegiatan ini akan membentuk masyarakat yang aktif, peduli, peka, dan memahami informasi.

Menurutnya, percepatan pembangunan suatu gampong akan lebih mudah dengan peran serta masyarakat. “Karenanya, keberadaan KIG di tengah-tengah masyarakat diharapkan mampu menjadi mitra sejati pemerintah dalam menyampaikan informasi pembangunan kepada masyarakat.”

Cerdas cermat ini, katanya, merupakan salah satu media pendidikan yang sangat baik untuk mengulang kembali informasi-informasi pembangunan daerah sehingga semakin meningkatkan wawasan dan pemahaman dari peserta.

“Kami juga sangat berharap kepada KIG untuk sedapat mungkin mencerdaskan warganya dengan menjadikan masyarakat lebih aktif dan peka dalam segala bentuk informasi, serta berupaya memahami informasi yang diterima tersebut, apakah informasi tersebut positif atau tidak,” katanya.

Wakil Walikota ikut menyerahkan uang sebanyak 1juta rupiah bagi panitia.

Sumber : Diskominfotik Kota Banda Aceh