Gampong Pineung Dipercaya Wakili Kecamatan Syiah Kuala

Banda Aceh – Gampong Pineung dipercaya, mewakili Kecamatan Syiah Kuala pada Lomba Gampong tingkat Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh 2020.

Itu sebabnya, Rabu, 11 Maret 2020, Ketua Tim Penilai Lomba Gampong Kota Banda Aceh, Drs Dwi Putrasyah beserta rombongan, turun dan melakukan penilaian pada gampong ini.

Kehadirannya, didampingi anggota DPRK Banda Aceh dari Fraksi PKS Tuanku Muhammad, Camat Syiah Kuala H. Aulia R Dahlan S.Sos, Kapolsek Syiah Kuala, AKP Edi Syahputra, Danposramil Syiah Kuala serta Imum Mukim Kayee Adang, Drs Ismail Is.

Sementara penyambutan dilakukan perangkat Gampong Pineung, dipimpin keuchik setempat, H. Burhan SH. MM.MH.

Dihadapan tim penilai dan unsur Muspika Syiah Kuala, Burhan mengucapkan terima kasih  kepada Camat Syiah Kuala, yang telah memberi kepercayaan kepada Gampong Pineung untuk mewakili Kecamatan Syiah Kuala pada Lomba Gampong se-Kota Banda Aceh tahun 2020.

Amanah ini akan semakin memberi rasa percaya diri pada kami dan masyarakat Gampong Pineung untuk berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan Pemko Banda Aceh,” kata H. Burhan, SH, MM, MH.  sambil memaparkan visi, misi serta berbagai inovasi regulasi dan kegiatan sosial maupun keagamaan yang ada di Gampong Pineung.

Nah, berbagai visi dan misi tadi, diwujudkan dalam masing-masing bidang pada tata laksana pemerintahan gampong. Misal, bidang penyelenggaraan pemerintahan gampong, pelaksanaan pembangunan gampong, pemberdayaan masyarakat, pembinaan kemasyarakatan dan penanggulangam bencana darurat.

Selain itu, Gampong Pineung juga telah mempunyai atau berdiri Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Namanya, Pineung Bahagia yang bergerak pada unit usaha sewa teratak, kursi dan rias pelaminan.

“Kami juga melaksanakan pelatihan komputer khusus bagi keluarga kurang mampu. Pelatihan ini diikuti sebanyak 15 peserta dari lima dusun yang ada di Gampong Pineung. Pelatihan ini dikhususkan untuk remaja-remaja yang baru lulus SMA atau sedang dimasa perkuliahan,” jelasnya.

Khusus untuk kaum perempuan, Tim Pengerak PKK juga melaksanakan senam kesehatan tubuh dan senam jantung sehat setiap pekan atau hari Minggu, di halaman Masjid Darul Falah Gampong Pineung.

“Senam ini dikhususkan bagi seluruh ibu-ibu dan Lansia dengan tujuan utama menjalin silaturrahmi antar sesama ibu-ibu dan tetap sehat dalam beraktifitas khususnya dalam beribadah. Selain itu juga ada kursus tata rias pengantin,” kata Keuchik Burhan.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Gampong Kota Banda Aceh, Drs Dwi Putrasyah menjelaskan. Pihaknya melakukan tiga aspek penilaian dari setiap gampong yaitu, bidang pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

Sumber : https://modusaceh.co/news/gampong-pineung-dipercaya-wakili-kecamatan-syiah-kuala/index.html