Konsultan Pustaka Nasional Kunjungi Perpustakaan Gampong Pineung

Gampong Pineung – Bertempat di gedung Perpustakaan Gampong Pineung Selasa, (6/10/2020) Ayu Anita selaku Konsultan Pustaka Nasional yang didampingi pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh mengunjungi Perpustakaan Gampong Pineung. Kunjungan ini tak lepas dari keberhasilan Perpustakaan Gampong Pineung menjadi Perpustakaan Gampong terbaik di Kota Banda Aceh dan menjadi juara Harapan II lomba Perpustakaan Gampong Tingkat Provinsi Aceh pada Tahun 2020.

Dalam penyampaiannya beliau mengatakan “Ia melihat sarana dan prasarana Perpustakaan di Gampong ini sudah cukup memadai, dengan fasilitas-fasilitas seperti rak buku, meja baca, kursi baca dan koleksi buku yang sudah lumayan lengkap ditambah dengan fasilitas-fasilitas penunjang lain seperti AC, Kipas angin, dsb”. Namun ia juga menambahkan “Ia berharap pengurus Perpustakaan juga mampu menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan tradisi adat di Aceh karena untuk saat ini ia melihat ketersediaan buku-buku dalam hal adat Aceh yang masih kurang di Perpustakaan-Perpustakaan di wilayah Aceh”.

Dalam sesi tanya jawab dengan pengurus Perpustakaan Gampong Pineung, Irhas Rizqy selaku Ketua Perpustakaan Gampong Pineung menyampaikan “Ketersediaan fasilitas-fasilitas ini tak lain adalah berkat dukungan pihak Pemerintah Gampong Pineung yang selalu menganggarkan kebutuhan-kebutuhan Perpustakaan Gampong ke dalam APBG (Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong), hal ini juga sejalan dengan visi-misi dari Keuchik Gampong Pineung yaitu mengembangkan SDM Masyarakat di Gampong”.

Ayu Anita juga menambahkan “Perpustakaan disini bisa mendapatkan bantuan berupa buku-buku dan fasilitas-fasilitas lain dengan cara mengajukan proposal bantuan kepada kami, yang kami harapkan bantuan-bantuan ini dapat berguna untuk kemajuan Perpustakaan-Perpustakaan di Aceh, demikian imbuhnya”. (ZZ)