Pemerintah Gampong Pineung Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19

Gampong Pineung – Bertempat di halaman Kantor Keuchik Gampong Pineung, Selasa (8/6/2021) Pemerintah Gampong Pineung menggelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19. Kegiatan ini dihadiri 80 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat Gampong, mulai anggota TPG, pengurus BKM, pengurus PKK, para Kader Kesehatan, pengurus Remaja Masjid, pengurus Pustaka Gampong serta perwakilan tiap-tiap dusun. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Pineung, H. Burhan, SH, MM, MH.

Dalam Sambutannya beliau menyampaikan “saat ini Gampong kita sendiri adalah salah satu Gampong di kota Banda Aceh yang memiliki angka positif tertinggi kasus Covid-19, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Gampong untuk berperilaku hidup sehat dan patuh terhadap protokol kesehatan. Ia juga menambahkan saat ini Pemerintah Gampong sendiri sudah semaksimal mungkin berusaha untuk menegakkan aturan tentang protokol kesehatan, salah satunya mewajibkan seluruh jama’ah Masjid Darul Falah untuk menggunakan masker dan rutin melaksanakan penyemprotan Disenfektan baik di Masjid dan Kantor Keuchik, juga mewajibkan kepada seluruh masyarakat yang membuat acara hajatan di wilayah Gampong untuk menyediakan westafel cuci tangan. Beliau berharap semoga langkah yang dilakukan ini dapat megurangi kasus Covid-19 di Gampong, walaupun ia tidak menampik bahwa salah satu penyebab angka tingginya kasus Covid-19 di Gampong karena mobilitas pekerjaan masyarakat Gampong Pineung sendiri yang tinggi, seperti halnya Dosen, PNS dan Tenaga Medis.”

Dalam Sosialisasi ini yang diundang sebagai pemateri adalah Camat Syiah Kuala H. Aulia R. Dahlan, S. Sos., Kepala Puskesmas Jeulingke Drg. Juwairiyah Nasution M.Kes., Wakapolsek Syiah Kuala Dr. Asmadianto, SH, MH., dan Danramil Syiah Kuala Ratno Timur Siregar. Keempat pemateri ini menjelaskan pentingnya berperilaku hidup sehat di tengah masa pandemi yang sedang dihadapi. Kemudian mereka mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk pintar memilah berita yang hoaks dan benar, mengingat selama pandemi ini banyak berita yang simpang siur terhadap penanganan dan penyebaran kasus Covid-19. Para pemateri juga menambahkan saat ini Pemerintah sedang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilaksanakan untuk menekan angka kasus Covid-19 di tiap-tiap Desa. Di Gampong sendiri terdapat Posko PPKM yang menjadi tempat pendataan kasus Covid-19 dan nantinya juga difasilitasi dengan ruang isolasi.

Kegiatan Sosialisasi ini sendiri berlangsung lebih kurang selama 4 Jam dan terlihat peserta sangat antusias dalam mendengarkan materi-materi yang disampaikan, tak ayal di akhir sesi terjadi diskusi dan tanya jawab yang menarik antara para peserta dan pemateri. (ZZ)