Kelompok Marhaban Gampong Pineung

Gampong Pineung – Bertempat di Meunasah Gampong Pineung, Rabu (23/2/2022) ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Marhaban Gampong Pineung melaksanakan latihan rutin Marhaban Gampong Pineung yang diikuti 20 orang anggota kelompok. Latihan ini rutin digelar setiap tahunnya dan tahun ini sudah menjadi tahun ketiga pelaksanaan kelompok Marhaban ini.

Kelompok Marhaban ini dipimpin oleh Ketua TP-PKK Gampong Pineung, Hj. Ermina Moesa yang beranggotakan 20 orang anggota kelompok yang kesemuanya merupakan anggota aktif TP-PKK Gampong Pineung. Latihan dilaksanakan seminggu tiga kali pada siang hari di Meunasah Gampong Pineung.

Anggota Kelompok Marhaban dilatih melantunkan syair-syair Islam dan Aceh yang indah, yang semua syair tersebut haruslah dipelajari agar mudah dipahami dan dihayati oleh masing-masing anggota kelompok. Instruktur dari kelompok ini adalah Suryati Abdul Halim.

Kelompok ini di fungsikan untuk tampil di acara-acara keagamaan di Gampong Pineung juga pernah tampil pada acara seremonial ketika Gampong Pineung ditunjuk untuk mewakili Syiah Kuala dalam lomba Gampong tingkat Kota Banda Aceh Tahun 2020. (ZZ)