BPBD Kota Banda Aceh Berikan Pembekalan Tanggap Darurat Bencana Bagi Masyarakat Gampong Pineung

Banda Aceh – Banda Aceh (29/8/2019) BPBD Kota Banda Aceh memberikan pengetahuan Kebencanaan bagi masyarakat Gampong Pineung Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh yang dilaksanakan di Meunasah Gampong Pineung.

Acara yang dihadiri oleh 62 peserta dari berbagai unsur masyarakat terdiri dari tokoh masyarakat, unsur pemuda/i dan kaum ibu dibuka oleh wakil ketua TPG H. Rusli Arsyad yg dalam penyampaiannya mengatakan “kegiatan seperti ini sangat diperlukan karena kita tidak tahu kapan bencana terjadi, dan menambahkan jika bisa kegiatan ini rutin diadakan tiap tiga bulan sekali”. Lebih lanjut wakil ketua TPG mengharapkan kepada seluruh peserta yang sudah berhadir pada hari ini betul-betul mengikuti kegiatan ini sampai selesai karena menurutnya kegiatan ini sangat cukup bermanfaat bagi kita semua setidaknya kita sudah berupaya apa yang bisa kita lakukan bila sewaktu-waktu terjadi bencana.

Kalaksa BPBD Kota Banda Aceh Fadhil, S.Sos, MM yang diwakili oleh Sabri. S.Sos sebagai Kabid. Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD yang juga koordinator dalam kata sambutannya menyampaikan secara umum menguraikan peran dan fungsi BPBD, baik sebagai fungsi koordinasi fungsi komando dan fungsi pelaksa. Selanjutnya Sabri menyampaikan materi yang disampaikan pada kegiatan pembekalan dan sosialisasi tanggap darurat bencana, adalah  Konsep Desa Tangguh Bencana (Destana) (Sabri), Sistim Tanggap Darurat bencana (Putrayana M), Permendes No. 16 tahun 2018 (Indrawati) dan P3K (Andriansyah)

Acara ditutup H. Burhan, SH, MM, MH. Yg mengatakan “kedepannya Gampong Pineung akan membentuk Struktur Tanggap Darurat Bencana tentunya akan kita pilih orang-orang yang sesuai dengan keahliannya, kami nantinya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak BPBD kota Banda Aceh. terakhir beliau mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh warga yang terlibat telah mengikuti kegiatan ini hinga selesai dan ucapan terima kasih juga kepada tim bpbd Kota Banda Aceh yang telah mendukung suksesnya kegiatan pada hari ini mudah-mudahan kegiatan ini bisa berlanjut kedepan. (Sab)

Sumber : BPBD Kota Banda Aceh